Belajar SAP, How to start?

Banyak email yang masuk ke blog ini menanyakan bagaimana cara belajar SAP R/3. Terus terang ini salah satu pertanyaan sulit lainnya disamping pertanyaan tentang pertanyaan tentang IT audit, karir di telekomunikasi lainnya. Mengingat pentingnya pertanyaan ini marilah kita diskusikan ini sebentar.

Apa itu SAP R/3?
SAP adalah aplikasi ERP terbesar di dunia dan begitu juga di Indonesia. SAP faktanya memegang lebih dari 80% ERP application di Indonesia, paling tidak itu fakta yang perusahaan saya temukan dilapangan saat memeriksa laporan keuangan mereka.

SAP dipakai dimana saja?
SAP hampir dipakai disemua industri, walaupun awalnya dirancang untuk manufactur. Sehingga Astra Intl, Toyota, Indofood memang pantas menggunakan package ini. Meskipun demikian Banking dengan Core Banking-nya, atau Telco dengan Billing Systemnya, tetap bisa menggunakan SAP ini karena system modularnya yang bisa dipakai.

Memang isi SAP apa saja?
Sebagai sebuah aplikasi ERP, SAP termasuk sangat lengkap. Dulu programmer-programmer kita umumnya hanya membuat satu modul saja, misalkan Sistem Informasi penggajian, SI. Keuangan, SI. Perencanaan. Tapi SAP menggabungkan semuanya dari ujung-ujung. Yang artinya, detik ini warehouse department di Sidoarjo mengeluarkan barang (good issue), manajer accounting di headoffice di Cakung Jakarta sudah bisa melihat movement barangnya.

Ok, ok saya tahu SAP memang bagus, dimana saya bisa mulai?
Saya ingin belajar SAP, dimana ya? kira-kira pertanyaan lainnya seperti itu. Kita bisa belajar di SAP partner macem Asaba, Perdana dan teman-temannya dengan charge $5000/modul, kurang dari seminggu. Mahal sekali? ya memang mahal sekali beberapa trainingnya malah harus di luar Indonesia.

Dibandingkan software lainnya, training SAP memang paling mahal. Dinda yang seminggu ini training Oracle University di charge $1000, di Iverson untuk SQL Server pun berkisar $1000. Memang mahal.

Moso sesusah dan semahal itu sih?
Iya, memang mahal. Beberapa diantara kita banyak yang belajar aplikasi secara otodidak dan berhasil. Mereka bertanya di forum-forum linux, di forum php. Tapi masalahnya yang ditanyakan adalah enterprise application, enterprise business.

Saya masih ingat pengalaman saya pertama kali, tertarik dengan training OCP yang mentok 35 juta waktu itu. Saya pikir buat apa? buang uang 35 juta, yang nyaris sama dengan MM, kalau hasilnya ga jelas jadi apa Cara paling gampang bagaimana? Masuk di perusahaan yangmenggunakan SAP, jadi implementor SAP, auditor SAP atau apapun yang berhubungan dengan SAP. Baru kita bisa belajar dengan mudah. Coba tanyakan veteran SAP yang ada sekarang? kenapa
mereka bisa belajar SAP? menjadi pakar SAP? pastinya karena mereka ada pada saat implementasi SAP.

Astra adalah contoh paling mudah, veteran implementor SAP di Astra sekarang tersebar dimana-mana. Mereka dianggap IT engineer yang paling berpengalaman dengan SAP. Mudah, karena mereka mengalami periode implementasi yang njelimet itu. Ah engga, saya tetep ngotot ingin belajar SAP! Ok gpp, SAP itu secara umum terdiri dari 3 fungsi:
1. Functional, ini berhubungan dengan fungsi si ERP, biasanya orang dengan latar belakang keuangan (untuk modul FICO), orang berlatar belakarng HRD (untuk modul HR), ataupun orang teknik (untuk modul PP, PM) atau bahkan orang diluar bidang ilmu terkait bisa menjadi functional. Functional berhubungan dengan design business process dari si ERP.
Persoalan design ini penting, karena proses pembelian barang pada pabrik Mobil dengan pabrik Motor tentunya memiliki flow yang berbeda.

2. ABAPer, dengan nama lain programmer, ini pastinya diisi oleh orang-orang berlatar belakang programming. ABAPER bertugas membuat report / customi akan sistem SAP. ABAP merupakan bahasa pemrograman sendiri yang dibuat oleh SAP.

3. Basis, Basis mudahnya adalah system administrator. Basis ini lah yang membuat user, membuat roles & profiles, mengatur security parameter, mengatur scheduling, set up system dan pekerjaan admin lainnya.

Mmm, ada yang lebih mudah?
Yang paling basic, download pdf-nya http://help.sap.com
Buat yang ingin berguru ABAP coba ke http://belajar-abap.blogspot.com
Atau coba googling, saya jamin pasti bingung :). Masalahnya saat ini tidak akan pernah ada orang yang menguasai keseluruhan lini SAP secara mendalam.

Tidak mungkin ada abaper yang jago functional, juga jago basis, tapi juga ngerti auditing. Tidak mungkin ada yang paham security SAP dan sekaligus mengerti access authorization.

Source :
http://priandoyo.wordpress.com/2007/03/30/belajar-sap-r3-dari-mana/